Investasi Berkedok Penipuan Yang Banyak Memakan Korban

Pengacara Faisal M Yusuf Nasution Associates dan Partners > Hukum  > Investasi Berkedok Penipuan Yang Banyak Memakan Korban

Investasi Berkedok Penipuan Yang Banyak Memakan Korban

Assalamualaikum Pak Faisal yang baik, perkenalkan nama saya Rina, saya ingin bertanya berhubung permasalahan yang saya hadapi, saya pernah ikut Investasi Bodong dan akhir nya tertipu Ratusan juta rupiah, yang saya ingin tanyakan bagaimana mengenali investasi yang berkedok penipuan atau bodong, agar kejadian ini tidak terulang kepada yang lain.

 

Waalaikum salam Bu rina sebelum saya jawab pertanyaan ini, ibu tidak menjelaskan investasi apa yang pernah ibu ikuti, baik lah saya akan mengambil contoh beberapa kasus penipuan Investasi yang pernah terjadi, agar menjadi pembanding dan pembelajaran juga bagi kita. Memang investasi yang menawarkan keuntungan besar dalam waktu singkat terkadang membuat kita tergoda, ada banyak contoh kasus yang terjadi salah di Indonesia walaupun sudah banyak korban tapi masih saja banyak yang tertipu, karena keuntungan besar yang menggiurkan sehingga orang tidak memainkan akal sehat nya, target dari penipuan  Investasi juga beragam, namun kebanyakan adalah mereka para korban ini tidak tau dan mengerti apa itu investasi.

Sekema atau kedok Investasi atau modus operandi nya juga sangat penting kita ketahui dan saya akan coba bedah case per case hingga kita bisa mengerti dan membedakan trik-trik mereka sebagai berikut.

Penipuan dengan investasi emas

Penipuan ini sering terjadi dengan modus menunjukkan emas batangan pada calon investor. Sayangnya keaslian emas tersebut tidak diperiksa oleh calon investor. Kemudian si penipu akan kabur dengan uang tunai dari korban.

contoh lain yang terjadi berkedok investasi emas ini juga ada yang dilakukan melalui sebuah badan usaha. Mereka akan meminta calon investor untuk menginvestasikan sejumlah uang untuk dibelikan emas, kemudian emas ini nantinya akan dibeli lagi dengan harga yang lebih tinggi. Kemudian tidak ada yang membeli emas ini dan si pemilik usaha kabur dengan uang yang sudah terkumpul.

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi emas, datanglah ke lembaga resmi dan terpercaya. Salah satu cera yang aman untuk berinvestasi emas adalah dengan membuka tabungan emas di Pegadaian. Di sini Anda juga berkesempatan mencetak koin emas dan menguangkan emas Anda sesuai dengan harga emas saat itu.

Skema Ponzi

Skema Ponzi ini sifatnya berantai hingga kita kesulitan untuk menangkap Aktor Intelektual atau pemain utamanya.Skema Ponzi modus operandi nya  adalah seseorang menawarkan investasi dengan pengembalian dana yang besar. Lalu orang pertama yang berhasil dimasukkan ke skema ini menjadi tangan kanan dan perlu mengajak orang lain lagi, seperti berantai

Pada awalnya orang ini akan menerima apa yang dijanjikan, yaitu keuntungan dari investasi. Namun yang tidak disadari korban adalah untung yang mereka terima adalah uang dari orang-orang atau calon korban berikutnya yang diajak. Jika rantai ini putus,(Tidak ada orang yang di rekrut) maka keuntungan yang dijanjikan akan berhenti pula. Orang pertama yang membangun rantai akan pergi dengan uang yang sudah didapatkan dari jaringan di bawahnya.

Si pelaku utama atau orang yang memulai ini sulit untuk ditangkap dan yang biasanya tertangkap adalah si tangan kanannya, atau orang yang pertama bergabung, Satu hal yang harus Anda ingat bahwa Skema Ponzi bukanlah Multi Level Marketing (MLM). Dia tidak memiliki produk yang di jual melainkan hanya menjanji – janji kan keuntungan semata

High Yield Investment Program

Penipuan Investasi ini menjanji kan keuntungan yang sangat tinggi, contoh anda di ajak untuk Ber Investasi dengan Modal 100 Juta Rupiah dengan keuntungan 20% setiap bulan, perusahaan ini di katakan memiliki beberapa perusahaan seperti BatuBara, Minyak atau usaha lain nya yang terlihat wah, dalam beberapa bulan memang keuntungan akan di bayar, namun setelah berjalan beberapa bulan modal dan keuntungan anda juga tidak di bayar dan pemilik perusahaan kabur, inti nya jangan mudah tertipu dengan janji – janji keuntungan yang besar

Penggandaan Dollar

Hal ini memang cukup sering terjadi, dan biasa nya otak pelaku nya menyamar sebagai Para Normal atau dukun palsu, dia mengatakan dapat menggandakan Dollar, Rupiah atau emas dengan modus operandi nya menggandakan uang dengan Dollar atau Emas palsu, ini kasus banyak terjadi di perkampungan, dan berhati – hati lah.

Perpindahan uang

Penipuan berkedok investasi berikutnya adalah dengan modus perpindahan uang. Cara penipu menghubungi Anda adalah dengan mengirimkan email. Isi email adalah cerita bahwa si pengirim email mendapatkan warisan atau memiliki sejumlah uang yang harus ditransfer ke luar negeri. Si pengirim email akan mengatakan bahwa uangnya tidak dapat dicairkan jika tidak dikirim ke luar negeri. Kemudian dia akan mengatakan bahwa Anda akan mendapatkan bagian dari sejumlah uang yang ditransfer.

Jika Anda sudah setuju dengan apa yang ditulis oleh si pengirim email, maka dia akan meminta sejumlah uang untuk biaya transfer atau kelengkapan dokumen. Selanjutnya, Anda pasti tahu bahwa uang itu tidak akan pernah Anda terima.
Banyak yang tertipu dengan modus ini karena pengirim email menggunakan Bahasa Inggris dengan cerita yang detail dan meyakinkan. Bagi orang yang tidak mengetahui tentang modus penipuan ini, apalagi mereka yang tidak mengetahui tentang prosedur hukum akan sangat mudah untuk dibohongi.

Oleh karenanya, sebaiknya Anda mengabaikan saja jika mendapatkan email yang meminta data Anda, apalagi uang Anda. Jangan mudah percaya dengan pengiriman email yang meminta bantuan Anda.

Bagaimana mengetahui ciri-ciri penipuan investasi?

Saya kutip dari artikel atur duit.Com dia mencontoh kan nya dalam beberapa tingkatan atau ciri-ciri seperti di bawah ini

  • Bagi hasil yang menggiurkan

Iming-iming bagi hasil yang besar memang selalu menggiurkan. Mereka yang melakukan penipuan dengan kedok investasi akan mengatakan bahwa Anda nantinya bisa mendapatkan bagi hasil yang besar.

Jangan percaya jika ada yang menjanjikan keuntungan investasi hingga 30% per bulan. Sedangkan yield tertinggi untuk investasi saham adalah 27% per tahun dan 22% per tahun untuk reksadana campuran. Jadi, jika keuntungan dirasa terlalu menggiurkan, disitulah Anda harus curiga.

  • Gampang dimengerti

Untuk bisa membuat keputusan tentang investasi, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Hal ini dikarenakan Anda harus paham apa yang Anda investasikan, keuntungannya, legalitas perusahaannya, dan berapa banyak uang yang berani Anda korbankan.

Jika ada yang menawarkan investasi dengan penjelasan singkat seperti “titipkan uang dan dapat keuntungan”, maka Anda harus mempertanyakan kebenaran dari investasi yang ditawarkan. Jangan pernah lupa untuk menanyakan bagaimana menjalankan uangnya atau bagaimana uang itu nantinya akan dikelola. Tidak akan rugi meluangkan waktu untuk bertanya lebih mendalam, karena jika tidak Anda bisa saja jadi korban penipuan.

  • Penggunaan tokoh untuk menarik minat

Banyak perusahaan investasi ilegal yang menggunakan tokoh atau nama orang terkenal untuk menarik minat calon investor. Jika seseorang menawarkan investasi pada Anda dengan sedikit penjelasan mengenai bisnisnya kemudian menunjukkan nama orang terkenal atau tokoh yang juga bergabung, maka Anda patut curiga. Karena Anda tidak pernah tahu apakah orang terkenal atau tokoh itu benar-benar bergabung atau tidak. Lebih aman lagi, jangan sampai rasa simpati menghilangkan sifat kritis Anda.

  • Tidak memiliki penjelasan tertulis

Anda juga patut curiga jika orang yang menawarkan investasi tidak memiliki booklet atau penjelasan tertulis mengenai produk investasinya. Terkadang hanya ada selebaran dengan foto tokoh masyarakat dan tulisan kecil yang tidak mudah dibaca.

Selalu minta penjelasan tertulis kepada siapa saja yang menawarkan investasi pada Anda. Lebih baik lagi jika Anda meminta waktu untuk berfikir selama beberapa hari agar bisa mencari tahu lebih banyak lagi mengenai produk investasi yang ditawarkan.

  • Anda harus mengajak orang lain

Ini adalah salah satu alasan yang paling jelas kenapa Anda tidak boleh bergabung dalam investasi yang mengharuskan Anda mengajak orang lain. Tidak dipungkiri bahwa banyak investasi bodong yang berkedok MLM dan menjadikan perputaran uang sebagai bisnisnya. Yang paling disayangkan adalah masih banyak yang tertarik untuk bergabung.

Saat Anda ditawari untuk bergabung dalam model investasi seperti ini, ingatlah Skema Ponzi. Investasi ini tidak akan berlangsung lama, karena tidak ada perputaran uang sebenarnya. Jika ada yang berhenti mencari orang untuk berada di struktur bawahnya, maka tidak ada lagi uang untuk untuk dibagikan.

Pengetahuan yang benar mengenai investasi merupakan kebutuhan yang harus dimiliki oleh semua orang. Setelah diketahui berbagai jenis penipuan berkedok investasi mungkin saja nantinya akan bermunculan lagi jenis penipuan baru. Oleh karenanya, bersikaplah kritis dan lakukan observasi yang cukup untuk agar tidak terjebak investasi bodong.

 

 

 

No Comments

Leave a Comment

Call Now