a

Facebook

Twitter

Copyright 2018 Faisal M Yusuf Nasution Associates.
All Rights Reserved.

08:00 - 16:00

Kantor Buka Setiap Hari Senin - Jum'at

>

+6281211166662

Call Us For Free Consultation

Facebook

Twitter

Search
Menu
 

Bercerai Tanpa Buku Nikah

Bercerai Tanpa Buku Nikah

Assalamualaikum Pak Faisal, perkenalkan nama saya Iqbal, ada yang ingin saya tanyakan, saya ingin menggugat cerai istri saya, Tapi buku nikah saya di tahan oleh Istri saya karena dia tidak ingin bercerai, pertanyaan nya, boleh kah saya menggugat Cerai istri saya tanpa buku nikah ?

 

 

Waalaikumsalam Pak iqbal, baik lah saya akan mencoba mejawab nya, dan perlu bapak ketahui juga pertanyaan seperti ini memang cukup sering di tanyakan kepada saya, memang buku nikah syarat utama yang harus dipenuhi pada saat ingin mengajukan cerai ke Pengadilan. Namun demikian terkadang ada kasus dimana buku nikahnya hilang, rusak atau bahkan ditahan oleh pihak suami atau istri yang tidak mau bercerai. Seperti kasus Bapak alami sekarang ini, nah pertanyaan nya bisakah kita menggugat cerai pasangan kita tanpa buku nikah?.

Tentu saja Jawaban nya bisa asalkan ada dokumen resmi pengganti buku nikah yang hilang/rusak tersebut yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dalam hal ini adalah Kantor Urusan Agama bagi yang beragama Islam dan Kantor Catatan Sipil bagi non muslim, jadi dokumen pengganti buku nikah itu yang harus bapak dapat kan terlebih dahulu.

Nah pak Iqbal silahkan mendatangi  Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan sesuai dengan tempat dahulu menikah dan bagi yang non muslim silahkan datang ke Kantor Catatan Sipil yang dahulu mengeluarkan akta nikah / akta perkawinan tersebut

Nah Pak Iqbal sebelum datang ke KUA atau ke Kantor Catatan Sipil untuk meminta diterbitkan duplikat buku nikah / kutipan akta nikah, sebaiknya Bapak perhatikan hal-hal berikut ini :

  1. Buat surat kehilangan dari kantor polisi setempat
  2. Bawa kartu identitas anda seperti KTP atau pasport yang asli
  3. Bawa kartu KK (Kartu Keluarga) bagi non muslim
  4. Bawa fotocopy buku nikah jika ada
  5. Ingat data pernikahan seperti tanggal pernikahan dan pemberkatan (bagi non muslim)

 

Nah Pak Iqba lAdapun waktu yang dibutuhkan untuk penerbitan duplikat buku nikah / kutipan akta nikah tersebut biasanya sekitar satu minggu, terkadang ada pula yang bisa dibuatkan hari itu juga (tergantung lobby).

Dan  khusus bagi yang beragama islam, apabila ternyata data pernikahan tidak ditemukan di KUA sehingga pihak KUA tidak bisa menerbitkan duplikat buku nikah / kutipan akta nikahnya, silahkan ajukan permohonan isbat nikah (pengesahan pernikahan) ke Pengadilan Agama terlebih dahulu.

Sedangkan bagi yang non muslim, jika ternyata data perkawinannya tidak ditemukan di Kantor Catatan Sipil, sehingga pihak Kantor Catatan Sipil tidak bisa menerbitkan kutipan akta perkawinannya, silahkan ajukan permohonan pengesahan perkawinan ke Pengadilan Negeri terlebih dahulu

Demikian lah yang dapat saya sampai kan pak, pesan saya perceraian adalah solusi terakhir, kalau lah masih bisa di pertahankan Rumah tangga nya, itu jauh lebih baik dan kebahagiaan anak – anak adalah hal yang utama.

 

6 Comments

  • Agus sukoco
    Balas Agustus 8, 2019 at 12:10 am

    Saya ingin bertanya pak, persyaratan untuk buat duplikat buku nikah karna di tahan istri apa memang harus membuat surat kehilangan di kantor kepolisian..trimakasih

  • Eka muharam
    Balas Agustus 19, 2019 at 10:51 am

    Asalamualaikum pak faisal, perkenalkan saya eka muharam,ada yang saya ingin tanyakan,,istri saya jadi tkw di luar negeri dan sekarang istri saya mau menggugat cerai saya,,tapi saya tidak mau bercerai dengan istri saya,,dan sekarang istri saya menyuruh ibu nya untuk menahan buku nikah saya,,yang saya kwhatir kan istri saya mau mau memalsukan akte perceraian/akta talak dari saya tanpa sepengetahuan saya,,yang saya mau tanyakan apa hal ini bisa di pidanakan atau tidak .

  • Syarbi
    Balas Agustus 22, 2019 at 1:25 am

    Kalau buku nikah dan kartu keluarga hilang bagaimana caranya?

  • hadi mulyono
    Balas November 21, 2019 at 4:17 pm

    Assalamualaikum pak saya mau tanya , saya sdh pernah menggugat cerai istri dan karena buku nikah di sembunyikan istri maka sy mengurus lagi di kua dan di terbitkan surat duplikat nikah. dan kemudian setelah 5bulan karena desakan keluarga besar dan anak akhirnya saya mencoba memberikan kesempatan istri dan kita rujuk di pa .tapi selang berapa bulan mmg sebenarnya kita sdh tdk ada kecocokan dan saya pun kembali berkeinginan menceraikan lagi tapi surat duplikat yg asli lagi2 di sembunyikan oleh istri. yg saya tanyakan bagaimana solusinya dari permasalahan saya ini??? dan jika saya ke kua apa yg kira2 di info ke saya perihal kasus sy yg duplikat asli di tahan oleh istr?? terima kasih . wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

  • Yudha
    Balas Desember 1, 2019 at 9:20 am

    Assalamualaikum pak faisal saya dengan yudha pak saya mau tanya menggugat cerai tanpa buku nikah sedangkan nikah dahulu nikah secara siri tidak ada buku nikah hanya ada saksi dan penghulu. Gimana pak solusinya apakah masi bisa gugat cerai tanpa harus menikahinya kembali. Terimakasi

  • BADRIANSYAH
    Balas April 9, 2020 at 1:56 am

    Assalamualaikum Pak Faisal,nama saya Badriansyah,posisi saya sekarang menetap di kota Batam,Data saya juga alamat Batam. Saya dan mantan istri sudah pisah sejak 2017 lalu,dulu menikah di kampung mantan istri saya tahun 2011 di daerah sumatra selatan,buku nikah sama mantan istri,tapi info dan keberadaan nya sekarang sudah tidak ada lagi (lost contact),alamat tepatnya saya pun tidak ingat (semenjak nikah tidak pernah mudik).
    Pertanyaan saya;
    1. Saya mau urus surat cerai/register perceraian di KUA batam,karena data saya alamat batam semua. Apa bisa Pak..?

    Data yang saya punya KTP dan KK asli batam ( e KTP ).. Tolong dibantu solusi nya Pak,karena sangat saya butuhkan,karena ada niat menikah lagi secara Sah di KUA agar terdaftar dan punya buku nikah baru.

    Sekian dan terima kasih banyak pertanyaan dari saya Pak Faisal.
    Assalamualaikum Wr.. Wb..

Leave a Comment

Call Now

Chat WA